“Tie-Dye” Si Baju Pelangi

Diposkan oleh BeliDiBali Monday, August 1st, 2011 Kategori : Tips.
 photo 2eefafaa-9faa-4452-9a40-df93c01e5a49_zps9c29d0b4.jpg

Lagi pengen cari baju yang lain dari biasanya? Kenapa tidak coba baju dengan corak tie-dye atau yang biasanya kita sebut dengan motif pelangi. Selain unik, tie-dye juga memancarkan kesan “ramai” karena umumnya di dominasi oleh banyak warna.

Sebutan tie-dye sendiri di ambil dari kosakata bahasa inggris yang artinya ikat dan celup. Motif tie-dye sangat fashionable di era 60-an sebagai bagian dari hippie style. Selain baju saat  ini motif  tie-dye  juga banyak di aplikasikan pada  topi, crafts, ikat  kepala, sarung , tas bahkan celana.

Proses dasar dari tie-dye adalah mengikat baju atau kain polos dengan senar, karet, atau tali sebagai masking sehingga membentuk sebuah pola. Setelah itu kain akan dicelupkan ke larutan pewarna. Bagian yang sudah di masking akan memiliki warna yang berbeda dengan warna kain secara keseluruhan. Pewarnaan dapat dilakukan berkali-kali dengan warna yang yang berbeda sehingga menghasilkan motif yang berbeda. Proses pencelupan warna biasanya memakan waktu 12 – 24 jam sebelum akhirnya bisa di angkat dan di keringkan. Selanjutnya masking di lepas dan di cuci dengan air sampai bersih.

Jadi apapun suasana hati Anda saat ini, tidak ada salahnya kalau mencoba baju dengan motif tie-dye kan?

Leave a Reply